ILab Universitas Gunadarma

Share on :

ILAB

http://www.ilab.gunadarma.ac.id/


pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ILab yang ada di Universitas Gunadarma. Pada setiap  mahasiswa tentunya harus memiliki tanggung jawab pada kegiatan perkuliahan yang dijalankannya. Selain tanggung jawab, mahasiswa tentunya harus memiliki sikap kemandirian juga. Kita tidak boleh atau tidak dapat menyerahkan masa depan kita pada orang lain. Karena masa depan kita tergantung dengan apa yang kita lakukan sekarang ini.

Dalam konsep tanggung jawab dan kemandirian, Universitas UG membuat fasilitas praktikum mandiri atau biasa disebut ILab. Pada Ilab ini para mahasiswa atau praktikan dituntut untuk lebih mandiri pada kegiatan praktikumnya. Karena pada ILab ini mahasiswa tidak memiliki asisten praktikum. Karena semua perintah, langkah-langkah pengerjaan praktikum, dan permintaan jawaban atas semua persoalan dan kesulitan yang berkaitan dengan praktikumnya dapat dilakukan pada terminal masing-masing.

Adapun fitur-fitur yang terdapat pada ILab:
- Tutorial praktikum: fitur ini ditujukan pada mahasiswa baru, yang berfungsi untuk mengetahui tata cara login, logout, pra praktikum, pretest, lab activity, post test, dan ubah jadwal.
- Modul Praktikum: fitur ini berfungsi untuk mendownload modul (sesuai jurusan) praktikum yang berkaitan dengan praktikum yang akan dilakukan.
- Download jadwal: berfungsi untuk praktikan yang belum mengetahui jadwal praktikum yang akan dilaksanakan. Dalam jadwal tersebut terdapat nomor praktikum atau nomor terminal untuk setiap mahasiswa.
- Sistem penjadwalan: berisi tentang tata tertib penjadwalan, sistem penjadwalan, praktikum pengganti, sesi praktikum, keterlambatan.
- Registrasi kelas 1: bertujuan untuk mahasiswa yang belum memiliki akun ILab.Untuk dapat melakukan kegiatan praktikum, mahasiswa wajib melakukan ragistrasi pada ILab ini. Karena kalau tidak, mahasiswa tersebut tidak dapat melakukan praktikum.
- Cetak kartupraktikum: fitur ini berfungsi untuk mencetak kartu ILap. Pada setiap praktikum, kartu ILab ini harus selalu dibawa. Karena kalau tidak, praktikan tidak diperkenankan memasuki ruang ILab.

Kelemahan: informasi yang diberikan jarang diupdate. Kalo bisa update yang diberikan masuk ke studentsite.

Kelebihan: Dengan adanya ILab mahasiswa jadi lebih mandiri dan tanggung jawab pada kegiatan perkuliahan khususnya praktikum.

sekian dari saya, inilah hasil tugas yang dikirimkan oleh ADMINISTRATOR UG, jika kata-kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan.
tugas softskill lanjutan dari program PPSPPT ini telah saya selesaikan.

http://www.ilab.gunadarma.ac.id/

Nama : Suryan Lestianto
Kelas  : 1DB02
Npm   : 36110751
Program lanjutan PPSPPT 2010/2011 (softskill)




0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar