Cinta Tanah Air

Share on :

        Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba memberi gambaran tentang “Apa sih cinta tanah air itu?”. Kalo menurut saya cinta tanah air itu, kita memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap kemjuan masadepan negara kita. Nah sekarang “Hal apa sih yang dapat menunjukan rasa nasionalisme kita?”. Sebenarnya sih ada banyak, ya mungkin salah satu contoh kecilnya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

       Membuang sampah yang tidak pada tempat nya itu berdampak sangat besat bagi kelangsungan hidup kita. Salah satu contoh penyebabnya saja adalah terjadinya banjir yang dapat menimbulkan rusaknya tempat tinggal, penyakit, dan yang paling terasa oleh masyarakat umum adalah kemacetan! Coba tengok aja di daerah jakarta, hujan sebentar aja udah banjir yang dampaknya bisa membuat kemacetan ber kilo-kilo merter :/ . kemacetan ini juga menjadi penghalang kita untuk berangkat kerja atau kuliah. Waktu yang ditempuh biasanya hanya 30 menit, ini bisa 1 jam bahkan lebih. Itu lah rakibat telatnya sampai ke kantor, terus dimarahi oleh bos. Atau telat kuliah, tidak masuk kelas.

       Alangkah baiknya kita mencontoh negara-negara yang maju, walau pun kita hanya mencotntoh dari sikapnya tidak membuang sampah sembarangan. Coba kita lihat saja di Jepang, disana hampir tidak ada yang namanya sampah di jalan bahkan di pinggir jalan. Di gang kecil pun sahmpah hampir tidak ada. Itu karena mereka memiliki rasa cinta terhadap tanah airnya. Mereka merasa tidak malu untuk memungut sampah yang jatuh dijalan, dan mereka memiliki rasa malu untuk membuang sampah sembarangan. Selain itu, di negara maju juga kalau kedapatan membuang sampah oleh petugas, mereka akan disuruh dengan membayar denda.

      Beda sekali dengan di Indonesia, orang seakan-aan cuek membuang sampah dimana saja (walaupun tidak semuanya juga seperti itu). Padahal mereka tau dampak yang akan terjadi dengan apa yang dilakukannya. Dan meraka juga lah yang terkena dampaknya. Jadi pesan saya mari jaga lingkungan kita, kita tunjukan rasa cinta terhadap tanah air kita. Lagi pula apa susahnya sih membuang sampah pada tempatnya? “Dispose of waste in place”.(suryan)

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar