PENDEKATAN SISTEM DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN

Share on :

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam suatu kepemimpinan dibutuhkan suatu ketegasan khususnya dalam suatu perusahaan dengan tujuan, agar perusahaan tersebut berjalan dengan baik sehingga hasil yang dicapai maksimal. Salah satu faktor pendukung dalam memecahkan masalah disuatu perusahaan dibutuhkan pendekatan sisitem yang baik agar masalah dapat diselesaikan dengan tidak merugikan pihak yang lain. Contohnya pendekatan sistem dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan. Dalam hal ini akan mendapat tujuan bersama demi kemajuan sistem perusahaan tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pendekatan Sistem Dalam Memecahkan Masalah Dan Membuat Keputusan
Manajer terlibat dalam pemecahan masalah untuk pengambilan keputusan yang efektif dan efisien. Sistem Konseptual adalah suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer, informasi dan standar. 2 elemen lain masuk dalam proses perubahan masalah menjadi solusi (solusi alternatif dan kendala).

B.     Tahapan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Pendekatan Sistem
1.      Usaha Persiapan
§  Memandang perusahaan sebagai suatu sistem.
§  Mengenal sistem lingkungan.
§  Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
2.      Usaha Definisi
§  Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem.
§  Tujuannya : mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan berada.
§  Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
a.       Mengevaluasi standar.
b.      Membandingkan output dengan standar.
c.       Mengevaluasi manajemen.
d.      Mengevaluasi pemroses informasi.
e.       Mengevaluasi input dan sumber daya input.
f.       Mengevaluasi proses.
g.      Mengevaluasi sumber daya output.
3.      Usaha Persiapan
§  Pertimbangan alternatif yang layak.
§  Mengevaluasi berbagai solusi alternatif.
§  Memilih solusi terbaik.
§  Menerapkan solusi.
§  Memastikan bahwa solusi tersebut efektif.


C.     Faktor Manusia Yang Mempengaruhi Pemecahan Masalah

Kategori manajer dalam merasakan masalah :

1.      Penghindar masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.
2.      Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a.       Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b.      Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
3.      Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah ( Problem solver) :
a.       Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Contoh. : pendekatan sistem.
b.      Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.

BAB III
KESIMPULAN

Pendekatan sistem dalam memecahkan masalah dan keputusan sangatlah diperlukan dalam memecahkan masalah agar mendapatkan tujuan bersama demi kemajuan sistem suatu perusahaan dengan tidak merugikan pihak manapun.


BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar